Selamat Datang di Nagari Canduang Koto Laweh
  • pemandangan 1
  • pemandangan 2
  • pemandangan 3

Kamis, 10 November 2011

IKCR BOYONG DOSEN UNRI SHARING PENGALAMAN DENGAN GEMPITA OLIMPIADE CANDUANG

Pakan Kamih - Kamis, 10/11/2011


Ketua IKCR (Ikatan Keluarga Canduang Riau) Drs. Mahibuddin Koto, M.Si. memboyong beberapa orang rekan pembina Olimpiade Sains propinsi Riau ke Canduang. 8 orang dosen FMIPA UNRI (Universitas Negeri Riau)  yang menamakan diri sebagai Jaringan Team Pembina Olimpiande Sains itu sharing pengetahuan serta pengalaman dengan guru-guru mata pelajaran Sains (Matematika, Biologi, Fisika, Kimia) se-kecamatan Canduang dari tingkat SD, SMP dan SMA baik sekolah umum maupun Pondok Pesantren yang tergabung dalam sebuah organisasi yang bernama GEMPITA OLIMPIADE Canduang yang bertempat di Kampus Pondok Pesantren MTI Canduang pada Rabu (09/11).

Masing-masing guru membawa 2 orang murid berbakat dalam salahsatu bidangstudi Sains itu. Acara dibagi menjadi 2 sesi. Yaitu kuliah umum di Aula kemudian sesi kedua guru-guru serta murid-murid dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan bidang studi masing-masing. Masing-masing kelompok masuk ke lokal yang telah disediakan oleh panitia untuk mengikuti sharing pengetahun dan pengalaman yang lebih menjurus kepada bidang studi yang mereka geluti. Para dosen itu meninggalkan beberapa buku dan bahan untuk di photokopikan. 


Ketika pembukaan acara di Aula MTI Canduang Drs. Mahibuddin Koto, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah yang kedua kalinya, yang pertama dilakukan pada bulan Februari 2010 lalu yang bertempat di MTI Canduang ini juga.

Camat Canduang Drs. Surya Wendri dalam sambutannya menyampaikan bahwa GEMPITA OLIMPIADE (Lembaga Pengembangan Siswa Berprestasi) adalah salah satu Saptakarya Program Unggulan kecamatan Canduang. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk sumbangsih perantau terhadap masyarakat dan pemerintah Canduang.

Ketua GEMPITA OLIMPIADE Canduang Rinaldi, S.Pd guru SMP Negeri 2 Canduang menyampaikan ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas partisipasi IKCR beserta dosen-dosen UNRI yang telah bersedia sharing pengetahuan dan pengalaman dengan kami masyarakat akademik di kecamatan Canduang.

Hal itu merupakan sebuah bentuk partisipasi dari Paguyuban perantau Canduang Riau untuk membangun kampung halaman, sebagaimana halnya yang dilakukan oleh IKCK (Ikatan Keluarga Canduang Koto Laweh) Jakarta pada hari raya Idul Fitri 1432 H lalu dalam momen pulang basamo ranah Minang. Yaitu penanaman bibit pohon Trenbisi di sepanjang jalan raya Canduang Koto Laweh serta memberi santunan kepada fakir miskin dan anak yatim. Sedangkan IKCR memberi sumbangan dalam bentuk peningkatan mutu pendidikan. Hal itu dibenarkan oleh Ketua IKCR Drs. Mahibuddin Koto, M.Si sa'at kami temui pada acara perpisahan di pemondokannya yang bertempat di rumah Hj. Nurlaili Emen di Balai Sati.

Pada pertemuan yang hanya berlangsung selama 4 jam itu, direkomendasikan beberapa kesepakatan. Yaitu 1. ogranisasi GEMPITA OLIMPIADE Canduang perlu direfitalisasi lagi. 2. Menunjuk seorang koordinator perbidang studi. 3. Membangun hubungan dan jaringan dengan Tim Pembina Olimpiade Sains Propinsi Sumatera Barat. 4. IKCR beserta Tim dari UNRI siap membantu kapanpun dibutuhkan.

Setelah pertemuan dengan organiasi GEMPITA OLIMPIADE Canduang, ketua IKCR Drs. Muhibbudin Koto beserta rombongan dari UNRI melanjutkan perjalanan ke kota Padang untuk berkoordinasi dengan Tim Pembina Olimpiade Sains Propinsi Sumatera Barat. |fd|

Comments :

0 komentar to “IKCR BOYONG DOSEN UNRI SHARING PENGALAMAN DENGAN GEMPITA OLIMPIADE CANDUANG”